Pantai Sundak

Pantai Sundak

23 January 2017 | Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Sundak tak hanya memiliki pemandangan alam yang mengasyikkan, tetapi juga menyimpan cerita. Nama Sundak ternyata mengalami evolusi yang bukti-buktinya bisa dilacak secara geologis. Pada salah satu sisi pantai ini, Anda dapat melihat goa yang memiliki mata air tawar di dalamnya.

Goa ini dahulu kala konon dihuni oleh seekor anjing dan landak. Karena kelaparan, kedua binatang tersebut akhirnya berkelahi. Tak berselang lama, sang pemilik anjing yang menyadari binatang peliharaannya hilang segera mencari ke dalam goa tersebut. Bersamaan dengan itu, anjing keluar dari goa sambil menggigit bagian tubuh landak yang terluka parah.

Merasa penasaran dengan apa yang ada di dalam goa, pemilik anjing tersebut langsung masuk ke dalam. Tak disangka di sana dia menemukan mata air tawar yang jernih yang hingga saat ini mata air tawar tersebut masih digunakan oleh masayarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dari kisah perkelahian antara anjing dan landak tersebut, kemudian pantai ini akhirnya disebut Pantai Sundak. “SU” merupakan kependekan dari asu (sebutan anjing dalam bahasa Jawa), “NDAK” adalah kependekan dari landak.

Alamat:
Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta