Pantai Sadeng

Pantai Sadeng

20 January 2017 | Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai "Mini" termasuk dalam obyek wisata yang baru, sehingga obyek wisata pantai ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas bahkan masyarakat Yogya sendiri.

Konon pantai Sadeng adalah muara dari Sungai Bengawan Solo. Namun sekitar 4 juta tahun lalu, lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa yang mengakibatkan naiknya dataran Pulau Jawa. Sehingga aliran sungai berbalik arah ke utara atau menuju ke Laut Jawa. Meski Sungai Bengawan Solo alirannya menuju ke Laut Jawa namun pengunjung yang datang ke Pantai Sadeng masih bisa melihat jejak geologi yang tersisa. Jejak geologi itupun banyak digunakan sebagai bahan untuk penelitian sampai saat ini. Di Pantai Sadeng wisatawan bisa melihat berbagai macam obyek wisata yang menarik. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata yang menarik di Pantai Sadeng :

  1. PELABUHAN SADENG
    Hal pertama yang anda lihat ketika ke pantai Sadeng adalah pelabuhan ikan. Banyak pengunjung yang kecewa ketika berkunjung ke pantai Sadeng. Karena memang objek pertama yang ditemui saat ke pantai Sadeng adalah pelabuhan ikan.

  2. PELELANGAN IKAN
    Obyek wisata menarik lainya yaitu tempat pelelangan ikan. Karena tempat ini dekat dengan pelabuhan, maka sudah sewajarnya jika di tempat ini terdapat tempat pelelangan ikan. Tentu ikan yang dilelang adalah ikan segar hasil tangkapan nelayan pantai Sadeng

  3. PANTAI
    Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar kemana arah menuju pantai Sadeng. Pantai Sadeng letaknya tertutupi oleh pelabuhan dan pelelangan ikan. Walaupun pantai ini tidak luas namun pemandangan dan air yang jernih tidak akan membuat anda kacewa berkunjung ke sini.

  4. MERCUSUAR
    Di pantai Sadeng terdapat mercusuar yg masih berfungsi untuk membantu nelayan yang sedang mencari ikan. Mercusuar tersebut masih digunakan untuk membantu nelayan saat malam hari. Saat malam hari mercusuar tersebut akan bersinar untuk membantu nelayan yang sedang mencari ikan.

  5. BATU PEMECAH OMBAK
    Batu pemecah ombak yang ada di Pantai Sadeng ini mirip dengan batu pemecah ombak yang ada di Pantai Glagah Yogyakarta. Perbedaan batu pemecah ombak yang ada di pantai Sadeng dengan pantai Glagah Yogyakarta adalah susunannya yang lebih rapi. Saat ombak sedang tenang pengunjung dapat berfoto ria disini.

  6. BEKAS ALIRAN SUNGAI BENGAWAN SOLO
    Jalur aliran sisa Bengawan Solo Purba ini bisa terlihat setelah memasuki kecematan Girisubo. Usahakan berhenti sejenak di tepi jalan menuju pantai Sadeng, akan terlihat dengan jelas 2 buah perbukitan kapur memanjang yang ditengahnya terdapat sebuah lembah. Semula itu merupakan jalur aliran dan dasar sungai Bengawan Solo purba. Namun sekarang digunakan menjadi tempat bercocok tanam oleh penduduk setempat