Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

23 January 2017 | Gunung Kidul, Yogyakarta

Nama "Pok Tunggal" diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama dari pohonnya adalah Pohon Duras. Pohon (Pokok) Duras yang tumbuh di Pantai Pok Tunggal hanya satu buah saja, oleh sebab itu dinamakanlah pantai tersebut dengan nama Pok Tunggal. Warga setempat sangat menjaga Pohon Duras, oleh sebab itu ketika Anda datang ke Pantai Pok Tunggal diharapkan tidak melakukan perusakan atas pohon tersebut.

Potensi yang dimiliki pantai ini adalah pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang dapat digunakan untuk kegiatan oleh raga pantai seperti volley pantai, treking tebing, sunset, makan malam romantis di tepi pantai.

Para wisatawan dapat menginap di pantai dengan tenda – tenda yang sudah disediakan. Pihak pengelola pantai poktunggal gunung kidul sengaja tidak membangun bangunan untuk penginapan dengan alasan agar para wisatawan yang bermalam di pantai ini memggunakan tenda agar menyatu dengan alam. Menikmati keindahan pantai ini tidak lengkap bila tidak menunggu waktu menyaksikan matahari tenggelam unktuk menikmati keindahan sunsetnya.

Pesona yang lain dari pantai ini adalah barisan tebing tinggi yang berdiri menjulang gagah setinggi sekitar 50 m sangat potensial digunakan untuk olah raga panjat tebing. Di tebing karang tersebut masih terdapat binatang-binatang hutan lain seperti monyet liar yang sering kedapatan melompat dari balik tebing sebelah timur.

Di pantai ini ada yang unik yaitu terdapatnya sumber mata air tawar yang kemungkinan besar bersumber dari aliran sungai bawah tanah yang banyak digunakan untuk kebutuhan warung –warung makan dan kamar mandi yang merupakan swadaya dari masyarakat setempat.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk : Rp 10.000/org
Parkir : Rp 3.000 - Rp 15.000
Payung Pantai : Rp 20.000
Tenda Dome : Rp 60.0000

Alamat :
Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta