Pantai Krakal

Pantai Krakal

23 January 2017 | Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Krakal sudah lama kondang sebagai salah satu pantai di ujung selatan Jogja yang memiliki keindahan luar biasa. Garis pantainya landai dan ditaburi pasir putih dengan hempasan ombak yang jernih. Batu karang menghiasi sebagian besar bibir pantai, menjadi rumah bagi ikan-ikan karang berwarna-warni. Ikan damselfish kuning dengan aksen biru di punggungnya, ikan kepe-kepe (butterflyfish) bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta sekelompok ikan kecil berwarna biru terang berenang di antara bebatuan. Kaki-kaki bintang laut hitam menjulur keluar dari balik batu tempat persembunyian mereka.

Pantai Krakal tercipta melalui proses alam yang panjang dan betul-betul alami. Dahulu, Krakal diyakini berada di dasar laut. Namun akibat pengangkatan kerak bumi, dasar laut itu semakin naik ke permukaan dan akhirnya menjadi daratan yang terlihat mata. Dengan begitu muncullah Krakal sebagai pantai yang unik dengan berbagai macam isinya.
Panjang pantai Krakal yang kurang lebih mencapai 40.000 meter membuat pantai ini menjadi yang terpanjang di Gunungkidul diantara semua pantai yang ada di sana. Beberapa orang menilai dengan tanpa ragu menyebut Krakal adalah yang terindah. Sisi barat dan timurnya dibatasi dengan tebing karang yang cukup menawan. Selain menikmati keindahannya, pengunjung juga dapat bermain-main dengan ombak Krakal yang bisa dibilang aman bagi para pengunjung.

Harga Tiket

Tiket paket wisata 8 pantai : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sebesar Rp. 10.000,-

Alamat :
Pantai Krakal terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.