Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

20 January 2017 | Yogyakarta

Masyarakat Yogyakarta menyebutnya dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di jantung provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Indonesia. Karena tempatnya berada di tengah-tengah Jogja, dimana ketika di ambil garis lurus antara Gunung Merapi dan Laut Kidul, maka Keraton menjadi pusat dari keduanya. Keraton atau Kraton Jogja merupakan kerajaan terakhir dari semua kerajaan yang pernah berjaya di tanah jawa. Ketika kerajaan hindu-budha berakhir kemudian di teruskan dengan kerajaan islam pertama di Demak, lalu berdiri kerajaan yang lain seperti Mataram islam yang didirikan oleh Sultan Agung lalu berjalan dan muncul Keraton Jogja yang didirikan oleh Sultan Hamengku Bowono I. Hingga sekarang, keraton Jogja masih menyimpan kebudayaan yang sangat mengagumkan.

Fasilitas
Salah satu fasilitas yang terdapat di Keraton ini yaitu adanya pertunjukan yang diadakan setiap hari dengan jadwal sebagai berikut :

  • Senin – Selasa : Music Gamelan Dimulai jam 10.00 WIB
  • Rabu : Wayang Golek Menak Dimulai jam 10.00 WIB
  • Kamis : Pertunjukan Tari Dimulai jam 10.00 WIB
  • Jumat : Macapat Dimulai jam 09.00 WIB
  • Sabtu : Wayang Kulit Dimulai jam 09.30 WIB
  • Minggu : Wayang Orang & Pertunjukan Tari Dimulai jam 09.30 WIB

Fasilitas lain yang mendukung kepariwisataan berupa tempat parkir kendaraan yang terdapat di sekitar Pagelaran, Keben dan Alun-alun utara. Terdapat juga deretan kios penjual cinderamata yang berada disekitar Keraton.

Harga Tiket
Tepas Keprajuritan Rp.3.000,-
Tepas Pariwisata Rp.5.000,-
Ijin membawa kamera/video Rp.1.000,-
Tiket masuk bagian dalam Keraton melalui Keben Rp.7.000,-

Lokasi
Keraton Yogyakarta berlokasi di pusat kota Yogyakarta. Halaman depan Keraton berupa Alun-alun Utara Yogyakarta dan halaman belakang Keraton berupa Alun-alun Selatan Yogyakarta.