Mesjid Tiban

Mesjid Tiban

06 February 2017 | Turen, Malang

Masjid Ajaib adalah Masjid yang dibangun oleh Romo KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam pada tahun 1976.Masjid megah ini terletak di Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anyar RT 27 RW 06 Desa Sanarejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ada cerita yang beredar di masyarakat mengenai masjid Tiban ini, kabarnya pembangunannya di bantu oleh pasukan Jin, hal ini dikarenakan warga sekitar tidak pernah melihat adanya alat - alat berat yang keluar masuk lingkungan mesjid seperti layaknya membangun sebuah bangunan bertingkat. Warga sekitar menyebutkan bahwa bangunan ini tiba - tiba saja sudah ada.

Bangunan ini sebenarnya bukanlah Masjid melainkan pondok pesantren yang bernama Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri'asali Fadlaailir Rahmah. Desain bangunannya pun tidak menggunakan jasa arsitek ternama, melainkan hasil rancangan sang pendiri yaitu KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, para Santri memanggilnya Romo Kiai Ahmad. Ide rancangan didapat dari hasil 'Istikharah' Romo Kiai Ahmad, bahkan ukuran, ornamen, warna cat dan hiasan yang digunakan harus sesuai dengan petunjuk 'Istikharah' Romo Kiai Ahmad.

Mengenai isu yang beredar di masyarakat tentang adanya bantuan Jin dalam pembangunannya, pengurus Pesantren membantahnya. Mereka menjelaskan bahwa para Santri sendiri lah yang membantu pembangunannya, baik dari segi biaya ataupun tenaga. Para Santri ikhlas membantu pembangunan demi mendapatkan Ridho Allah.

Masjid Tiban sebenarnya tidak di peruntukan sebagai obyek wisata, untuk masuk kedalam tidak di pungut biaya, bahkan Anda bisa meminta bantuan pemandu jika diperlukan. Oleh karena itu pengelola pondok meminta kesadaran pengunjung agar menjaga kesopanan selama berkunjung layaknya di Pesantren. Para pengunjung di minta untuk berpakain sopan, berjilbab bagi wanita Muslim dan menjaga kebersihan lingkungan.

Lokasi

Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.